Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Headset Gaming Untuk Para Gamers

Headset Merupakan Salah Satu Equipment Penting Bagi Seorang Gamer Profesional
Headset Merupakan Salah Satu Equipment Penting Bagi Seorang Gamer Profesional

Seorang gamer yang handal selain dibekali skill yang mumpuni, tentunya harus dibelaki juga dengan perangkat equipment gaming yang berkualitas. Salah satu contoh equipment gaming tersebut ialah headset.

Headset yang bagus akan sangat dibutuhkan dalam game-game berjenis FPS. Dengan headset yang bagus kamu akan depat mendengar dan mengetahui pergerakan musuh dari step atau langkah kaki yang terdengar. Selain itu headset dengan suara yang jernih akan membantumu berkomunikasi dengan rekan sesama team untuk mencapai kemenangan.

Dalam genre game jenis lain, dukungan headset yang bagus dan berkualitas tentunya akan menambah keseruan dari bermain game itu sendiri dengan kualitas suara yang jernih dan realistis tentunya.

Saat ini dunia gaming sendiri sudah berkembang pesat dengan adanya E-Sport, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba untuk masuk kedalam pasar perangkat gaming. 

Hal tersebut tentunya akan membuat kamu bingung dengan variasi headset gaming dari berbagai merk dan kualitas yang ditawarkan. Oleh karena itu pada artikel kali ini Spin Teck akan merangkum tips-tips dalam memilih headset gaming.


1. Cek Kompatibilitas

Kompatibilitas adalah kemampuan suatu perangkat untuk bisa digunakan dengan diberbagai operating sistem ataupun perangkat lainnya. Biasanya beberapa headshet gaming mempunyai kompatibilitas yang berbeda-beda. 

Pastikan terlebih dahulu spesifikasi headset tersebut apakah kompatibel dengan operating sistem dan perangkat yang kamu gunakan saat bermain gaming. Jangan sampai sudah terlanjut beli tetapi tidak bisa digunakan karena headset tersebut tidak kompatibel dengan operating sistem atau perangkat yang kamu gunakan saat ini.

2. Cek Spefisikasi Dan Fitur

Headset gaming yang beredar pasti memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Pastikan kamu mengecek terlebih dahulu spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh headset tersebut. Adapun beberepa spesifikasi yang perlu kamu perhatikan seperti : 
  • Range Frekuensi atau kemampuan headset untuk menangkap frekuensi rendah ataupun tinggi dari sebuah suara yang dihasilkan.
  • Sensitivitas speaker merupakan kemampuan dari headset itu sendiri untuk mengenali sinyal elektronik untuk menggetarkan membran di dalam headset.
  • Sensitivitas mikrofon sensitivitas dari mikrofon itu sendiri untuk menangkap suara yang dihasilkan dari mulut kita untuk berkomunikasi dengan gamer lainnya.
  • Impendasi adalah mekanisme yang terdapat dalam sebuah headset untuk mengambat arus listrik mikro yang masuk kedalamnya.
  • Diameter speaker akan mempengaruhi kenyamanan ditelinga kita
Dari segi fitur pastikan headset untuk kebutuhan gaming, pastikan headset tersebut sudah mempunyai fitur noise canceling yang bisa menghambat suara dari luar. Selain itu pastikan juga headset tersebut sudah mempunyai fitur surround sound, fitur surround sendiri berguna untuk mendengar pergerakan musuh saat sedang bermain game dengan genre FPS.

3. Kenyamanan

Kenyamanan merupakan point yang harus kamu perhatikan juga saat memutuskan untuk membeli sebuah headset gaming. Seperti yang kita tahun bermain game saat sedang asik bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya.

Pastikan headset yang kamu beli nyaman digunakan ditelinga, tidak berat, tidak mudah goyang ataupun terlalu ketat. Selain itu pastikan juga bahwa bahan-bahan yang digunakan di headset tersebut tidak membuat iritasi, gatal-gatal ataupun alergi bagi telinga anda.

4. Kabel atau Nirkabel

Saat ini terdapat dua jenis headset yang bisa kamu pilih berdasarkan konektivitas headshet tersebut dengan perangkat utama, yaitu dengan kabel ataupun tanpa kabel atau nirkabel dengan banduan bluetooth. Masing-masing pilihan pastinya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contohnya seperti headshet nirkabel yang menawarkan fleksibilitas dalam bermain game tanpa takut terganggu oleh kabel headset. Akan tetapi headset nirkabel ini memilki kelebahan, yaitu adanya delay suara yang dihasilkan.

Akan tetapi jika kamu memilih headset kabel, kemungkinan besar tidak akan ada delay dalam suara yang dihasilkan, akan tetapi fleksibilitasmu akan terganggu sedikit dengan adanya kabel konektor headset. 

5. Garansi Resmi

Murah atau mahalnya headset itu sendiri bisa dibilang relatif, hal tersebut tergantung dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki tentunya. Pastikan headset yang kamu miliki memiliki garansi resmi dari vendor ataupun distributor headset tersebut.

Selain untuk klain jika terjadi kerusakan dalam pemakaian headset. Garansi sendiri membuktikan bahwa headset yang kamu beli merupakan headset baru, berkualitas dan original sehingga ada kebanggan tersendiri dalam memakainya.


Sekian dulu artikel kali ini dari Teck Spin Indonesia yang membahas tips dalam memilih headset gaming. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mencari sebuah headset untuk kebutuhan gaming. Terima kasih!.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Headset Gaming Untuk Para Gamers"